Sabtu, 26 November 2011

Hikmah dari perencanaan yang Gagal

Jum'at, 25 November 2011....

Malem ni ceritanya Kita lagi makan malam di warung Mb' Sasha sekalian WIFI-an plus ngerjain tugas gitu....
tiba-tiba ada seorang teman mengajak untuk menghabiskan waktu tahun baru alian malam pergantian Tahun 1 Muharram dengan kemping di Gunung Langgeran (Gunung Kidul).
Spontan saja aku langsung bilang mau dan dengan semangat 45 aku langsung meng-sms 2 my closefriends buat ikutan. Udah kebayang deh asiknya kemping bareng mereka.....
Hmmm namun segera saja harapan itu Musnah....
Karena Ade bilang dia mau ke Purworejo, dan Dadunk entah dimana rimbanya dia tidak membalas smsku malam itu.....

Sorenya (Sabtu, 26 November 2011)

Aku dah bener2 niat buat ikutan kemping dan siap berangkat bareng temen kosku Trinem mananya. Aku dah semangat berangkat meski tanpa Ade dan Dadunk, walaupun tetep ada rasa ragu dibenakku, secara aku juga blum terlalu kenal sama teman2 baruku itu....
Secara kita tu baru saling kenal kemaren waktu naik ke Sumbing bareng...pi kan bis tu kita g' pernah ketemu lagi......
Sorenya Zunan, yang ngajakkin aku kemping itu sms, mastiin aku beneran jadi ikut apa g'!
Aku bales sih lo aku blum bisa mastiin coz Dadunk sms ngajak aku buat dateng kajian entar malemnya, dan aku g' bales smsnya.
Akhirnya setelah sekian lama aku g' bales, Dadunk sms lagi dan isi smsnya cuma nanya kenapa aku g' bales smsnya...
Ya udah ku bilang aja aku dilema mau naik gunung apa ikut kajian...
dan dia balesnya memberi aku harapan...(Ikut2 mau naik kmana???) langsung dah ku bales tu sms dengan semangat 75 (ke Gunung kidul lo beneran mau ikut knapa semalem g' bales) itu smsku ke Dadunk dan pada saat yang sama aku juga lagi sms-an ma si Zunan untuk konfirmasi kepastian...
Ternyata e ternyata sms balik dari Dadunk bener2 bikin kecewa semangat 75 ku (ngapain sih ke langgran, udah kesananya besok aja kapan2 aku anterin! entar malem kita kajian dulu) gitu balesannya.
Ya udah deh akhirnya aku bilang deh lo aku g' jadi ikut....
Hiks....sedih sih padal kan aku pengen kesana secara aku blum pernah gitu kesana......

Malamnya....(Sabtu, 26 November 2011)

Karena moodku agak kurang oke plus laper juga akhirnya aku pergi makan ke Borjo langgnan bareng Tri niatnya sih mau ke bu Ndaru warung nasi langganan e ternyata ibunya g' jualan jadilah ni alem rejekinya AA' Burjo didatengin kita berdua (aku n Tri he...).
Pas kita lagi pada makan e...tiba2 si Dadunk sms..."gimana jadi ikut kajian g'???" , trrus ku bales deh, "dimana emang kajiannya??" trus tumben bin ajaib ne dia cepet banget balesnya biasanya aja....n balesannya begini "Nurul Asri". ya udah ku bales aja "Jemput".
Trus di balesnya "kita ketemu aja depan UNY". Yah males deh aku bales lagi. Das setelah beberapa menit kemudian Dasunk sms lagi..."Jiah ngambek.... ya udah aku jemput sekarang...". ya udah kubelas aja "ok!"
Dan akhirnya jadilah malem itu aku ikut kajian dan ternyata disana malah jadi reunian ketemu ma Mb'2 Asrama yang dulu...he sekalian dah tu silaturahmi...

Dan. sekilas isi Kajiannya begini....
Jadi kita sebagai seorang Muslim hendaklah mampu memaknai Tahun baru bukan hanya sekedar malam pergantian tahun yang hanya diisi dengan agenda2 yang tidak bernilai ibadah, seperti hura2, pesta2, dan lain sebagainya, sebagai mana yang dilakukan kebanyakan orang. Namun lebih dari itu kita harus dapat memaknai tahun baru dalam arti yang sesungguhnya.
Tahun baru dalam arti yang sesungguhnya yaitu Hijrah.
Hijrah dalam artian kita benar2 berniat untuk Hijrah dalam arti berbenah diri secara keseluruhan alias instrospeksi diri pada setahun yang baru saja kita lalui, apakah kualitas hidup kita sudah merupakan kualitas hidup surgawi????
Karena tujuan akhir hidup kita pasti hanya satu yaitu "Surga", maka apakah kita sudah melakukan usaha untuk mendapatkannya???
Sehingga pada moment tahun baru hendaklah kita mengevaluasi diri apa saja yang harus kita perbaiki untuk meningkatkan kualitas hidup kita agar, kehidupan yang kita jalani dapat menjadi kualitas hidup yang surgawi.
Intinya Hijrah disini yaitu kita benar2 merubah amalan2 atau perbuatan2 yang Tidak disenangi Allah menjadi amalan2 atau perbuatan2 yang disenangi Allah.

Dan salah satu cara, jika kita ingin menjadikan kualitas hidup kita menjadi kualitas hidup yang surgawi yaitu dengan cara selalu berusaha untuk "Berpikiran Positif" alias berlapang dada.
Dan untuk mewujudkannya maka kita harus "Menghindari diri kita untuk berkeluh kesah mulai saat ini, apapun kondisinya".
contohnya ne:
Kita dateng silaturahim ke rumah teman, lalu berhubung teman kita hanya punya pisang dan masih mentah, sehingga itulah yang dijadikan suguhan karena memang hanya itu adanya.
maka, kita harus selalu berpikiran positih dan tidak menggrundel (g' modal banget sih masak pisang mentah disuguhin), tapi cobalah untuk berpikiran positif (mmm...pisangnya enak ya kayaknya, boleh g' kalau saya makannya nanti dirumah, maka tuan rumahnya pasti akan bilang ya udah dibawa aja semuanya...he he he)
Coba kalo kita nggrundel pasti udah nyakitin hati tuan rumah g' dapet pisang lagi....he.....


Itu cuma contoh doank si....
yah pokoknya apapun kondisinya berusahalah untuk selalu berpikiran positif agar kualitas hidup kita menjadi kualitas hidup yang Surgawi, dan pastinya juga harus selalu diimbangi dengan amalan2 ibadah yang disenangi dan dianjurkan Oleh Allah tentunya...

Fighting....
Semoga tujuan akhir kita tercapai.....^_^






2 komentar:

Nako_nice mengatakan...

Akhirnya setelah sekian lama ngerasain juga camping di nglanggran dengan teman2 Pupala yang asik tentunya.....
emang segala sesuatu itu pasti indah pada waktunya...
he he he...

Nako_nice mengatakan...

Akhirnya setelah sekian lama ngerasain juga camping di nglanggran dengan teman2 Pupala yang asik tentunya.....
emang segala sesuatu itu pasti indah pada waktunya...
he he he...