Rabu, 24 Februari 2010

Observasi pertama neh!!!!

Awalnya aku kira yang namanya anak Tunalaras tu ya anak-anak yang nakal itu. Dan aku berpikiran brarti semua nak-anak yang nakal itu termasuk Tunalaras donk????
Nah sampe akhirnya aku dapet materi tentang anak Tunalaras. Disana ada definisi tentang anak Tunalaras menurut Hallhan dan Kauffman, mereka mendefinisikan Tunalaras sebagai berikut :
1. Tingkah laku yang sangat ekstrim-bukan hanya berbeda dengan tingkah laku anak lainnya.
2. Suatu problem emosi dan prilaku yang kronis
3. Tingkah laku yang tidak diharapkan oleh lingkungannya karena bertentangan dengan harapan sosial dan kultural.
Tapi begitu aku observasi ke lapangan kesan pertaku mereka anak-anak yang biasa-biasa saja tidak menunjukkan tingkah laku yang ekstrim, ataupun mengalami suatu problem emosi yang kronis. Ternyata hal tersebut memang tidak tampak hanya dengan sekali melihat, akan tetapi itu akan terlihat setelah beberapa kali kita melakukan pengamatan.
Dan aku baru menemukan tanda-tandanya setelah 3 kali aku kesana.
Dan hari untuk ke-3 kalinya aku kesana dan ternyata memang begitulah mereka sebagaimana yang telah didefinisikan oleh Haffman dan Kauffman.
Dan tingkah laku yang paling tampak yaitu, mereka suka sekali berbuat iseng dimanapun mereka berada. Dan terkadang keisengannya itu dapat berbahaya bagi orang lain.
Misalnya saja mereka suka mengagetkan orang lain di tengah jalan. Dan sifat lainnya yaitu sembrono, jadi mereka tu g' berpikir panjang, resiko apa yang bakal mereka hadapi akibat perbuatannya itu. Dan permasalahan emosi yang kronis yaitu mereka suka sering sekali menmgumpat orang dengan kata-kata yang kasar apabila keinginannya tidak terpenuhi.Dll yang apabila kita bener-bener memperhatikan mereka semakin lama kita akan semakin memahami bagaimana mereka sebenarnya dan bagaimana cara untuk menghadapi mereka.

1 komentar:

Nako_nice mengatakan...

eh iya lupa emm yang dimaksud Tunalaras tuh bukan hanya sekedar anak-anak yang nakal aja tapi juga mereka yang berperilaku menyimpang, seperti menarik diri dari lingkungan, hiperaktif dll, yah pokoknya yang tingkah lakunya g' selareas deh dengan anak-anak lain seusianya...